Sabtu, 14 Juli 2007

Ayat Allah di Alam raya

Biasanya kita apabila disebut orang tentang ayat pasti bayangan kita adalah sepenggalan kalimat yang diambil dari kitab suci Al-Quran. Ayat adalah suatu kebenaran yang diyakini kemudian dijadikan petunjuk dan pedoman kearah mana kita harus menuju, kita harus merujuk, kita harus ikuti. Apakah ayat itu sepotong kalimat kitab suci? Ternyata tidak itu saja yang disebut ayat.
Ada banyak ayat Qur'an yang menyatakan bahwa ada banyak ayat-ayat lain yang terungkap tetapi tidak terbaca atau hanya terbaca oleh sedikit orang. Ayat-ayat dalam al-Qur'an terjemahan Indonesia sering diterjemahkan sebagai tanda-tanda. Ayat itu antara lain:
  • 1. Fenomena alam adalah ayat-ayat Allah. 2:164, 3:190, 6:97, 6:99

  • [2:164] Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.
    [3:190] Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat ayat-ayat bagi orang-orang yang berakal,
    [6:97] Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui.
    [6:99] Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

  • 2. Tanda-tanda kebenaran yang nyata berupa Teori dan Hipotesa yang terlihat oleh seorang ilmuwan 2:211, 6:46, 12:35

  • [2:211] Tanyakanlah kepada Bani Israil: "Berapa banyaknya tanda-tanda (ayat-ayat) (kebenaran)132 yang nyata, yang telah Kami berikan kepada mereka". Dan barangsiapa yang menukar ni'mat Allah133 setelah datang ni'mat itu kepadanya, maka sesungguhnya Allah sangat keras siksa-Nya.
    [6:46] Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku jika Allah mencabut pendengaran dan penglihatan serta menutup hatimu, siapakah tuhan selain Allah yang kuasa mengembalikannya kepadamu?" Perhatikanlah bagaimana Kami berkali-kali memperlihatkan tanda-tanda(ayat-ayat) kebesaran (Kami), kemudian mereka tetap berpaling (juga).
    [12:35] Kemudian timbul pikiran pada mereka setelah melihat tanda-tanda (kebenaran Yusuf) bahwa mereka harus memenjarakannya sampai sesuatu waktu753.


  • 3. Mu'jizat kenabian adalah ayat-ayat Allah yang diperlihatkan langsung kepada umatnya.
    [11:96] Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Musa dengan tanda-tanda (kekuasaan) Kami dan mu'jizat yang nyata,



Demikianlah ayat-ayat yang Allah maksud masih banyak lagi ayat-ayat qur'an yang mengatakan bahwa selain dalam kitabnya terdapat ayat-ayat lain yang terbentang di Alam ini. Kalau kita perhatikan ayat-ayat diterjemahkan dengan tanda-tanda. Coba Search Al Quran dengan keyword tanda-tanda akan terdapat sembilan puluh sembilah ayat yang mengatakan tanda-tanda.
Ayat-ayat yang tertulis adalah ayat Qouliyah (perkataan) dan ayat yang tercipta di Alam itu disebut ayat Kauliyah (terjadi).
Allahu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kabar dari Palestina tentang Upaya Gencatan Senjata.

Osama Hamdan: Gerakan Hamas berupaya dengan segala kekuatan dan efektivitas untuk mengakhiri perang di Gaza dan mengintensifkan upaya untuk ...