Rabu, 11 Juli 2007

Petir ada untuk mengusir setan?

Ada yang berpendapat bahwa petir itu terjadi karena adanya syetan yang banyak berkeliaran yang menggoda manusia berdosa. Hal ini mereka katakan berasal dari ayat al-quran yang mengatakan syetan diusir dengan panah api.
[72:8] dan sesungguhnya kami telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api,
[72:9] dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang1525 barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya). (Qur'an Surat Al Jin ayat 8-9)

Panah api ditafsirkan sebagai petir. Kalau menurut penelitian ilmiah karena adanya muatan listrik yang terkandung diawan yang sangat besar sehingga tegangannya tidak lagi dapat tertahan oleh awan sehingga terjadilah lompatan arus listrik yang sangat besar antara arus listrik muatan negatif dan positif.

Penafsiran seperti ini adalah penafsiran yang rancu yang biasa dikaitkan dengan kisah-kisah palsu atau dongeng-dongengan orang Israel (Isra'iliyat) yang masih banyak terdapat dalam buku-buku tafsir kuno seperti Jalalen dan sebagainya. Maka berhati-hatilah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kabar dari Palestina tentang Upaya Gencatan Senjata.

Osama Hamdan: Gerakan Hamas berupaya dengan segala kekuatan dan efektivitas untuk mengakhiri perang di Gaza dan mengintensifkan upaya untuk ...