Translate

Kamis, 24 Desember 2009

Tahun Baru Hijrah


Agak terlambat barangkali saya menulis tentang tema ini. Tahun Hijriah adalah tahun perhitungan Islam berdasarkan peredaran bulan. Tanggal satu Hijriah dihitung dari sejak Hijrahnya Rasulullah salallahi alaihi wasalam dari kota Mekah ke kota Madinah. Makna Hijrah dalam arti lahirnya adalah berpindah dari suatu tempat ke tempat lain yang dirasakan lebih baik. Hijrah dalam arti lebih luas lagi adalah berpindah dari suatu yang tidak baik ke sesuatu yang lebih baik lagi dalam segala hal. Dalam makna inilah Tahun baru Hijrah sering diperingati untuk mendapatkan moment untuk intropeksi diri setahun yang lalu dan untuk bertekad merubah diri agar tidak mengulangi kesalahan masa lalu dan berbuat yang lebih baik di masa datang ditahun yang baru.

Tahun baru Hijriah kali ini berdekatan dengan Hari Natal dan tahun baru Masehi. Yang paling sering kesalahan yang dilakukan oleh umat Islam adalah mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru pada orang Nasrani. Ummat Islam cinta keselamatan, kebenaran dan keadilan. Karene cintanya orang Islam pada keselamatan dan kebenaran, maka ummat Islam membenci kesesatan. Memperingati Hari natal dan Tahun baru Masehi adalah sesat, dan kita ummat Islam tidak perlu senang apalagi mengucapkan selamat terhadap kesesatan yang mereka lakukan.

Mengapa Hari natal itu sesat? Karena agama Kristen itu sesat, jadi sesatlah segala apapun ibadah yang mereka lakukan. Orang sesat masuk neraka. Mengapa kita gembira pada orang yang akan masuk api neraka dan segala jalan yang menuju neraka? Lagi pula hari natal itu tidaklah pasti adalah hari kelahiran nabi Isa (Yesus) alaihi salam. Hal ini diakui oleh sejumlah gereja dan pemuka-pemuka kristen.

Tahun baru Islam baik diperingati karena mengingatkan kita akan perjuangan Rasulullah salallah alaihi wasalam akan perjuang menegakkan Islam. Akhirnya dengan momen tahun baru Islam ini sebagai alternatif peringatan tahun baru saya mengajak marilah kita bersama dalam tahun baru Islam ini kita jadikan sarana untuk Intropeksi diri dan evaluasi diri menuju kearang yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar