Translate

Sabtu, 29 Agustus 2009

Pembinaan Remaja Muslim


Remaja adalah anak-anak kita, generasi harapan bangsa, harapan agama, penerus risalah rasulillahi salallahu alaihi wasalam. Remaja adalah pada dasarnya adalah anak-anak yang sudah beranjak dewasa, tetapi belum dewasa, masih perlu bimbingan dan bantuan orang tua. Bagaimana wujud remaja sekarang tidak terlepas dari bagaimana mereka ketika masih anak-anak sebelum mereka jadi remaja. Bobrok remaja sekarang berarti masa ranak-anaknya alpa dari perhatian orang tua. Baik remaja sekarang, adalah hasil didikan masa anak-anaknya yang dibimbing oleh orang tua. Baik dan buruknya anak tergantung dari baik dan buruknya keluarga tepat anak itu bernaung. Kalau keluarga baik maka baiklah anaknya kalau keluarga jelek maka akan jeleklah kelakuan anaknya. Oleh sebab itu memerintahkan kita untuk menjaga keluarga dari azab api neraka.

Firman Allah ta'ala:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. [Surat At-Tahrim ayat 6]


Remaja adalah masa dimana mereka para remaja mencari jati diri akan bagaimana mereka kelak jika sudah dewasa nantinya. Sehingga mereka tidak henti-hentinya mencoba sesuatu yang baru, dan yang dianggap baik dan ia kagumi. Celakanya adalah sa'at ini, budaya barat sedang ngetop dan dikagumi oleh banyak orang. Oleh sebab itu kita sebagai orang dewasa yang berada dilingkungan remaja harus membimbing anak remaja dan memberi pengertian bahwa tidak semua dan selamanya budaya barat itu baik dan patut ditiru. Banyak hal-hal yang negatif akibat adanya budaya barat. Karena budaya barat adalah budaya buatan manusia yang tidak azali sifatnya, dan bisa salah dan bisa benar. Nabi kita salallahu alaihi wasalam berpesan:
"Barangsiapa yang menyerupai sesuatu kaum, maka dia itu dari golongan mereka". [Hadits Riwayat Tabrani]

Oleh sebab itu pesan yang perlu disampaikan pada setiap remaja muslim adalah: "Carilah lingkungan yang bersifat Islami. jangan Tinggalkan Agama, terutama dirikanlah sholat."
Lingkungan pergaulan remaja sangat mempengaruhi tingkah laku remaja. Oleh sebab itu pesankanlah pula kepada remaja carilah teman, dan lingkungan yang baik-baik terutama yang Islami.

Remaja pada masa ini adalah masa mereka belajar:
yaitu belajar:
  • Berdikari yaitu berdiri diatas kaki sendiri. Mereka pada masa ini belajar bagaimana lepas dari ketergantungan orang lain. Ketika remaja tidak lagi meminta uang belanja sekolah, jangan disikapi dengan tidak memberikan langsung uang belanja. Tetapi remaja pada sa'at ini perlu dimengerti bahwa mereka sedang belajar melepaskan diri dari orang tua. Mereka merasa sudah besar dan ingin belajar bagaimana caranya untuk tidak tergantung dari orang tua. Pada masa ini remaja sangat membutuhkan sokongan, dukungan, perhatian dan kasih sayang orang tua. Oleh sebab itu ketika anak tidak lagi meminta uang belajan pada orang tua sebaik orang tua memberikan dukungan dana mungkin tidak setiap hari tetapi sekali seminggu atau sebulan tetapi kumpulan uang belanja hariannya, jadi sekali terima lebih besar. Atau dengan memberikan fasilitas, seperti: sepeda, kamar tersendiri, radio tape dan sebagainya. Karena dukungan dan perhatian orang tua sangat mereka butuhkan sebenarnya pada saat ini. makin besar usia anak kebutuhan hidupnya akan semakin besar. Orang tua harus mengerti ini.
  • Mandiri Mandi Sendiri. Pada saat ini remaja belajar mengurus dirinya sendiri. Berikanlah sedikit kepercayaan dan tanggung jawab padanya mereka akan senang melakukannya. Misalnya: Tanggung jawabnya setelah diberi kamar sendiri harus bisa merapikan kamarnya sendiri, tempat tidurnya tidak kusut, lantai harus selalu disapu dan sebagainya. Juga pakaiannya beri tanggung jawab mencuci sendiri pakaiannya, sepatunya, dan sebagainya.
  • Tanggung Jawab Remaja pada usia ini perlu diajarkan tanggung jawab dan mempertanggung jawabkan atas perbuatannya yang salah. Selalu ada konsekwensi yang ia terima kalau kelakuannya tidak semestinya. Dapat berupa pengurangan fasilitas dan sebagainya. [tentang konsekwensi sudah saya tulis dan dapat dibaca di http://apa-adanya.blogspot.com/2008/07/mengajar-tanpa-marah-marah.html]


Remaja perlu juga diperkenalkan dengan agama Islam sedini mungkin dan berkesinambungan mengamalkannya. Seperti Simbol-simbol Islami, Pakaian yang Islami, Lagu-lagu yang Islami, bacaan yang Islami, radio yang Islami, perayaan hari besar Islami dan sebagainya.

Demikianlah sedikit yang saya sampaikan semoga bermanfaat, lebih dan kurang saya mohon ma'ah wabilahi taufik wal hidayah wasalaamu alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

2 komentar:

  1. ustadz ana minta ijin ngopy artikel ini untuk bahan kajian.syukron wa jazakalloh khoiron

    BalasHapus